DN-SC-90-02333(Amerika Kerahkan Kekuatan Militer)

Simferopol, LiputanIslam.com — Sekelompok orang bersenjata yang diyakini adalah personil militer Rusia di Krimea, kembali menduduki sebuah pangkalan militer Ukraina di Semenanjung Krimea, hari Jumat (7/3).

Menurut laporan media-media lokal, sepasukan militer bersenjata dengan truk militer memasuki pangkalan udara militer Ukraina yang dihuni oleh sekitar 100 personil militer. Setelah bernegosisasi dengan militer Ukraina, mereka pun menguasai pangkalan itu, namun tidak ada senjata yang dirampas. Pangkalan militer tersebut terletak di dekat Sevastopol, kota terbesar di Krimea yang menjadi pangkalan Armada Laut Hitam Rusia.

Di sisi lain, dalam upaya “menggertak Rusia” untuk tidak melanjutkan “ekspansi”-nya di Ukraina, Amerika telah melakukan serangkaian langkah militer, termasuk mengirim kapal perang ke kawasan Laut Hitam.

USS Truxtun, sebuah kapal destroyer berpeluru kendali modern Amerika dikabarkan telah melintasi Selat Bosporus, Turki, hari Jumat (7/3) untuk bergabung dengan kapal-kapal perang Rumania dan Bulgaria melakukan latihan militer bersama di Laut Hitam.

Kapal tersebut diawaki oleh 300 personil terlatih dan dilengkapi dengan rudal-rudal jelajah andalan Amerika, Tomahawk.

Amerika menyatakan kedatangan kapal tersebut tidak ada kaitannya dengan krisis di Ukraina dan telah direncanakan jauh hari. Namun media Amerika seperti “CNN” menyebut kapal tersebut merupakan “signal” bagi Rusia.

Amerika juga telah mengirimkan 12 pesawat pembom tempur F-16 dengan 300 personil pendukungnya ke Polandia untuk melakukan latihan tempur sebagai respon atas krisis di Ukraina.

Menhan Polandia dalam pernyataannya hari Jumat mengatakan latihan tempur tersebut diadakan atas permintaan pemerintah Polandia, setelah Rusia mengambil alih kendali atas Semenanjung Krimea.

Sebelumnya, pada hari Kamis (6/3) Amerika juga telah mengerahkan 6 pesawat tempur F-15 ke Lithuania sebagai respon atas “agresi Rusia atas Ukraina”, demikian pernyataan Menhan Lithuania Juozas Olekas, hari Kamis lalu.(ca/thehindu.com/russia today/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*