LiputanIslam.com – Hingga pukul 23.59 tadi malam, Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mengatakan sudah sebanyak 384 orang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK berikutnya.

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mengatakan sudah sebanyak 384 orang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan (capim) KPK.

“Sampai jam 23.59 tadi malam, batas akhir pendaftatan via email jumlah pendaftar mencapai 384 orang,” kata anggota Pansel KPK, Hendardi, di Jakarta, Jumat (5/7).

Tahapan seleksi capim KPK antara lain seleksi administrasi yang hasilnya akan diumumkan pada 11 Juli mendatang, kemudian seleksi uji publik, dan seleksi wawancara. Setelah itu, pansel akan mengeliminasi peserta menjadi 10 nama dan memberikannya kepada presiden untuk disaring.

Seperti yang dilansir Antara, sejumlah profesi pendaftar capim KPK antara lain pengacara, dosen, pegawai swasta, pegawai BUMN, pengusaha, jaksa maupun hakim, anggota TNI atau Polri, auditor, hingga komisioner dan pegawai KPK.

Baca juga: Belasan Orang Tak Dikenal Serang Kantor Polisi di Padang

Menurut Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih ditemui di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, pada Kamis (4/7) kemarin, capim KPK akan dipilih berdasarkan kapabilitas yang mumpuni. Ia harus memiliki kemampuan kombinasi seperti keuangan negara, procurement, pengadaan, paham betul mengenai organisasi internal KPK, manajerial organisasi, memiliki kondisi psikologis yang kuat dari tekanan, memiliki kebijaksanaan, memahami arah pembangunan ekonomi negara, memahami pemberantasan korupsi bukan hanya dari penindakan tetapi juga dari sisi pencegahan. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*