Foto: Beritasatu

Foto: Beritasatu

Jakarta, LiputanIslam.com — Kelompok paduan suara anak-anak Indonesia “The Resonanz Children Choir” (TRCC) baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara umum serta sejumlah penghargaan lainnya dalam kompetisi paduan suara 10th Cantemus International Choir Festival yang diselenggarakan di Hungaria, 16-21 Agustus 2014 lalu.

Dari 18 peserta yang berasal dari 10 negara, TRCC berhasil membawa penghargaan Golden Award atas nilai tertinggi, Interpretasi Terbaik atas komposisi komponis klasik besar Hungaria Zoltan Kolady, Audience Awards, Outstanding Conductor, Sponsor Award dari Lego, dan tentunya menjadi juara umum.

“Anak-anak menunjukkan kemampuan vokal yang tinggi dengan nada yang solid dan sangat khas Indonesia, sehingga berhasil memukai penonton dan para juri. Bahkan, kami juga mendapat kehormatan untuk menggelar konser utuh selama berada di sana,” kata Avip Priatna selaku Direktur Musik The Resonanz Music Studio di Jakarta, Jum’at, 5 September 2014.

Sebelum memberangkatkan 45 anak-anak usia 8-17 tahun ini ke Hungaria, proses audisi sudah dilakukan sejak Februari 2014. Latihan intensifnya dilakukan lebih dari satu bulan memanfaatkan waktu libur sekolah.

“Kami latihan lima kali dalam sepekan selama delapan jam. Sebelum latihan, anak-anak juga dibiasakan untuk jogging sejauh empat kilometer, sehingga kondisi fisiknya bisa tetap terjaga,” terang Avip.

Dalam kompetisi ini, TRCC tampil dengan kostum tradisional Bali. Mereka membawakan nomor wajib karya komposer Zoltan Kodaly, komposisi modern karya Fero Aldiansyah Stefanus, serta lagu tradisional Jenger aransemen Agustinus Bambang Jusana bersama konduktor Devi Fransisca.

Selain Indonesia, negara lain yang turut ambil bagian dalam kompetisi paduan suara ini adalah Hungaria, Spanyol, Jerman, Turki, Tiongkok, Taiwan, Jepang, Israel, dan Hongkong. (ph/Beritasatu)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL