Sumber: kemenag.go.id

Makkah, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag) sekaligus yang dipercaya menjadi Amirul Hajj 2019, Lukman Hakim Saifuddin mengajak seluruh jamaah haji Indonesia agar menjaga nama baik bangsa. Citra jamaah haji Indonesia selama ini dikenal baik, sopan, santun, ramah, dan tertib.

“Mari menjaga nama baik Indonesia, karena jemaah ini juga duta bangsa. Pada diri kita melekat merah putih, melekat Garuda, jaga nama baik bangsa,” ucapnya usai memantau fasilitas pemondokan jemaah di wilayah Jarwal dan Misfalah, Makkah, pada Kamis (1/8).

Menurut Menag, citra baik jamaah haji Indonesia sudah dikenal sejak lama, yakni dari jamaah haji terdahulu. “Oleh karenanya, jadikan tertib dan santun ini sebagai tradisi di tanah suci. Sehingga anak cucu kita juga memperoleh predikat itu juga,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan jamaah agar senantiasa menjaga keseimbangan antara ibadah dan kesehatan. “Jangan karena semangat, setiap hari umrah terus atau tawaf terus. Tapi sebaliknya jangan karena hotelnya bagus, maka istirahat terus. Semuanya harus seimbang,” katanya.

Baca: Saudi akan Penjarakan Warganya yang Berhaji Tanpa Izin

“Haji perlu stamina. Haji itu bukan hitungan jam dan hari. Tapi berminggu-minggu. Jamaah berada di Saudi di Armuzna. Fisik perlu dijaga,” tambah Menag. (aw/Kemenag/MI).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*