NU Afganistan

Sumber foto: NU Online

Jakarta, LiputanIslam.com — Setelah Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) di Afghanistan dibentuk, kini NUA  merilis sebuah lambang yang mirip dengan organisasi NU di Indonesia. Lambang menggunakan gambar utama bola dan didominasi dengan warna hijau.

Fokus yang ditunjukkan dalam bola dunia itu adalah peta negara Afghanistan. Di bagian atas bola dunia tertulis kalimat “Bismillahirrahmanirrahim”, dan di sisi kanan dan kiri bola dunia tertulis nama NU Afghanistan, semuanya dalam bahasa Arab. Lalu tepat di tengah bola dunia terdapat gambar masjid.

Di bawah logo tertulis kalimat “Al-ulama’u warotsatul Ambiya” merujuk pada hadits Nabi Muhammad SAW yang berarti “Ulama adalah pewaris para Nabi”. Di bawah kalimat itu tertulis NUA atau Nahdlatul Uama Afghanistan. Berbeda dengan lambang NU di Indonesia dengan sembilan bintang di sekeliling bola dunia, dalam lambang NU Afghanistan hanya terdapat lima bintang di sisi bagian atas.

Lambang NU Afghanistan telah dikirimkan kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta. Sampai berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi mengenai makna sebenarnya yang dimaksud dalam lambang tersebut.

Menurut NU Online, kemungkinan lima bintang tersebut merujuk pada lima prinsip yang diadopsi dari NU di Indonesia yang dinamakan “NUA  Principals” yakni Attawasoot, Attawazon, Al-Adalah, Attasamoh, dan Al-Musharakah.

Hubungan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang baru saja didirikan di Afghanistan dengan NU yang ada di Indonesia tidak bersifat struktural dan organisatoris. NU Afghanistan bukan cabang istimewa NU (PCINU), namun organisasi baru yang didirikan oleh ulama setempat dan terinspirasi dari NU yang ada di Indonesia.

“Hubungan NU Indonesia dan Afghanistan lebih bersifat teologis karena kita sama-sama menganut ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja). Dalam hal aqidah mereka juga menganut Al-Asy’ari dan Maturidi. Dalam hal fiqih mereka lebih condong ke Imam Hanafi sementara kita mayoritas Syafi’iyah,” kata Wakil Sekjen PBNU H Abdul Munim DZ. (ba/A. Khoirul Anam/ NU Online)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL