Damaskus,LiputanIslam.com—Militer Suriah berhasil menemukan sejumlah besar sisa senjata di Provinsi Dara’a, Damaskus, dan Homs pada Minggu kemarin (27/1). Berdasarkan atas keterangan dari otoritas setempat, senjata yang dimaksud terdiri dari berbagai jenis. Di antaranya adalah berbagai bentuk amunisi, ragam senjata mulai yang sedang sampai berat, rudal, termasuk di antaranya adalah rudal-rudal TOW yang diproduksi oleh Amerika Serikat.

Sementara itu, pihak militer menyatakan bahwa senjata-senjata ini telah ditinggalkan oleh kelompok militan ISIS yang sebelumnya sempat berada di wilayah ini. Berbagai senjata tersebut disembunyikan di Gudang penampungan bawah tanah, sehingga sulit diketahui secara langsung oleh petugas berwenang pemerintah Suriah.

Saat ini, pihak militer Suriah telah menyita beberapa rudal TOW buatan AS, senapan buatan, senapan mesin, dan 100.000 peluru.

Ditemukannya beberapa senjata buatan AS di tempat yang dulunya digunakan oleh kelompok militan menimbulkan tanda tanya dan semakin menguatkan asusmsi bahwa munculnya kelompok teroris di Suriah memiliki hubungan yang erat dengan politik luar negeri AS di Suriah yang sangat menginginkan runtuhnya kekuasaan Presiden Suriah, Bashar al-Assad. (fd/AMN)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*