Tokyo, LiputanIslam.com–Pemerintah Jepang menyatakan, mereka bergantung pada impor minyak mentah Iran dan akan berbicara kepada AS agar suplai minyak itu tetap terjaga. Saat ini, AS tengah berupaya mengurangi penjualan minyak Iran dalam bentuk penjatuhan sanksi.

“Hubungan Jepang dengan Iran, sebagai salah satu negara produsen minyak terbesar di dunia, sangat penting karena hampir semua kebutuhan petroleum kami bergantung lewat impor,” kata Menteri Ekonomi Jepang, Hiroshige Seko, dalam konferensi pers pada Jumat (19/4) kemarin di Tokyo.

“Kami berencana mengadakan diskusi dengan pihak AS agar menghindari efek berbahaya dari langkah-langkah AS pada pasokan energi dan aktivitas perusahaan Jepang yang stabil,” tambahnya.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump telah mengambil pendekatan agresif terhadap Iran setelah menarik diri dari perjanjian nuklir multilateral yang menjamin keberlanjutan penjualan minyak Republik Islam itu.

Pemerintah Trump juga menyatakan akan mengurangi ekspor minyak Iran sampai ‘nol’ dan telah menjatuhkan sanksi kepada Iran dan juga negara-negara alain yang berani berbisnis dengannya. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*