Sumber: alinea.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan pemerintah terus berupaya mengembangkan sektor telekomunikasi dan informatika. Hasilnya, produksi ponsel dalam negeri meningkat pesat dalam lima tahun terakhir.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan produksi ponsel dalam negeri tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif.

“Meningkatnya produksi ponsel di Indonesia, antara lain karena penciptaan iklim usaha yang kondusif serta kebijakan hilirisasi dan pengoptimalan komponen lokal sehingga lebih banyak memberi nilai tambah,” kata Airlangga, Senin (8/7).

Baca: Asosiasi Seluler Anggap Pajak Ponsel Tidak Logis

Berdasarkan catatan Kemenperin, pada tahun 2013, produksi ponsel dalam negeri sekitar 105 ribu untuk dua merek lokal. Kemudian, produksi ponsel dalam negeri tumbuh signifikan menjadi 5,7 juta unit pada tahun 2014 dan meningkat sebesar 36 persen menjadi 68 juta unit dari 2015 sampai 2016.

Dia menuturkan, merek ponsel lokal saat ini telah memiliki citra yang kuat untuk pangsa pasar menengah ke bawah maupun kelas menengah ke atas. Peningkatan tersebut akan menguatkan citra positif dan popularitas produk tersebut di mata konsumen domestik dan internasional.

“Sebagai bangsa Indonesia, seharusnya kita patut bangga terhadap produk ponsel yang dihasilkan industri dalam negeri,” tuturnya. (sh/teknologi.bisnis/republika)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*