merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan berkisar di antara 5,2 sampai 5,3 persen.

Menurut Darmin, ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh seiring dengan  berjalannya pembangunan infrastruktur. Saat ini, pemerintah baru menyelesaikan 64 sampai 65 proyek dari 223 proyek infrastruktur strategis pemerintah.

“Artinya, masih terus dibangun. Selama pembangunan masih terus berjalan terus, akan membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” kata Darmin di Jakarta, Rabu (17/4).

Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga akan didorong oleh konsumsi rumah tangga. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 264 juta orang bisa menggerakkan roda konsumsi domestik yang secara langsung berkontribusi terhadap kestabilan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dia menambahkan, ekonomi Indonesia juga akan dipengaruhi oleh kinerja ekspor dan impor serta investasi. Namun, kata dia, poin ini tidak terlalu positif bagi Indonesia karena perlambatan ekonomi dunia yang menyebabkan sektor perdagangan melambat.

Terkait investasi, Indonesia masih memiliki pertumbuhan yag baik antara 6,7 sampai 7 persen. sedangkan konsumsi rumah tangga bergerak antara 5 sampai 5,1 persen.

“Selama ekspor dan impor tidak menarik ke bawah ya kita akan dapat bertahan di angka 5,2 sampai 5,3 persen ,” ujarnya.  (sh/republika)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*