Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan menekan harga tiket pesawat menjelag libur akhir tahun. Dia mengaku akan mentapkan harga tiket di beberapa titik sehingga tidak terlalu tinggi.

“Kita tentukan tujuh titik sebagai standar, katakanlah Bali, Kupang, Makassar, Jayapura, dan Palembang. Itu harganya kita tetapkan sehingga tidak terlalu tinggi. Pesawat-pesawat bisa gunakan avtur yang ada di titik tersebut,” kata Budi di Jakarta, Senin (25/11).

Baca: Pemerintah Berkomitmen Turunkan Harga Tiket Pesawat 50 Persen

Dia menerangkan, harga tiket sangat dipengaruhi oleh harga jual avtur PT Pertamina (Persero). Komponen biaya avtur mencapai 40 persen dari struktur biaya operasional maskapai penerbangan. Saat ini harga avtur di Jakarta lebih tinggi sekitar 25 persen dari Singapura.

“Harga avturnya beda 25 persen dengan Singapura, nantinya bedanya hanya akan menjadi 15 atau 20 persen,” ucapnya.

Untuk itu, Budi menuturkan, pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Pertamina pada pekan ini untuk melakukan menyeimbangkan harga avtur. Dia berharap, harga avtur bisa turun sehingga penyesuaian tarif tiket pesawat bisa dilakukan.

“Dalam waktu dekat ini kami ingin mengupayakan untuk memberikan solusi bagi harga tiket pesawat. Kami akan rapatkan dengan Kementerian BUMN, Pertamina dan stakeholder terkait untuk membahas soal avtur,” ujarnya. (sh/cnnindonesia /merdeka)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*