Sumber: merdeka.com

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar acara Kemah Budaya Kaum Muda di Bumi Perkemahan Candi Prambanan Yogyakarta yang berlangsung dari 21 hingga 25 Juli 2019. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kemah budaya dapat menjadi sarana menumbuhkan dan membangun karya.

“Anak muda saya harap betul-betul bisa berkarya di sini. Saling tukar pengalaman baik kemudian membangun jaringan secara nasional. Dengan begitu pertumbuhan kebudayaan Indonesia dipelopori anak muda,” ucapnya pada pembukaan Kemah Budaya Kaum Muda, Minggu (21/7) malam.

Menurut Muhadjir, generasi muda punya banyak kelebihan dalam membangun kebudayaan Indonesia. Muhadjir menilai generasi muda punya kelebihan energi yang masih melimpah, imajinasi yang masih tajam dan daya jelajah yang luas sebagai modal berkarya yang baik.

“Anak muda punya sejumlah godaan yaitu punya kecenderungan untuk instan, ingin cepat panen. Padahal berkarya adiluhung tidak bisa dipanen dalam waktu cepat. Tapi dengan ditetapkan cara yang intens, penuh ketekunan dan betul-betul istiqomah dan fokus dengan karya yang akan dibangun,” ungkapnya.

Baca: Mendikbud Resmikan Laboratorium Seni dan Budaya di Malang

Sementara Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid menjelaskan bahwa ada 561 orang pemuda dari 28 propinsi turut terlibat pada kegiatan kemah budaya tersebut. Peserta merupakan hasil saringan dari 3058 orang pemuda yang mengirimkan proposal kebudayaan yang nantinya akan dipilih 12 karya terbaik sebagai pemenang. (aw/antara/merdeka).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*