Sumber: sindonews.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mendorong mahasiswa lulusan Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) agar menghidupkan al-Quran dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Ajaran dan nilai-nilai Al-Quran diharapkan benar-benar hidup sehingga kita menjadi bangsa yang unggul dan damai.

Demikian hal itu disampaikan Menag pada saat menyampaikan orasi ilmiahnya  yang bertema “Kedamaian Qurani: Nurani Rakyat untuk Mewujudkan Keunggulan Peradaban Bangsa” di Wisuda Institute PTIQ Tahun 2019, di Jakarta Convention Center pada Sabtu (30/11).

“Yang terpenting adalah bagaimana Al-Quran itu dapat benar-benar hidup dalam diri muslim Indonesia. Sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang damai, unggul, dan beradab,” ucapnya.

Menurutnya, membukukan Al-Quran adalah dengan mendialogkan teks Alquran dengan realitas kehidupan. Al-Quran tidak turun dalam ruang kosong. Ia hadir sebagai respon terhadap realitas yang terjadi pada 15 abad silam. Ia adalah solusi atas problem etika.

Baca: Usul Pilpres Lewat MPR, PBNU: itu Refleksi Pemilu 2019

“Zaman sekarang itu mengamalkan Alquran tak cukup dirapal dan dihafal lebih dari itu Alquran harus didialogkan dan diejawantahkan dalam realitas kehidupan,” ungkapnya. (aw/kemenag/ingat.id).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*