Sumber: Beritasatu

Jakarta, LiputanIslam.com — Rapat Paripurna DPR RI yang digelar pada Selasa malam, 1 Oktober 2019 telah menetapkan lima pimpinan DPR periode 2019-2024, yang terdiri dari satu Ketua dan empat Wakil Ketua DPR.

Jabatan Ketua DPR RI diisi oleh Puan Maharani dari Fraksi PDIP, sementra empat wakil DPR adalah Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Rahmat Gobel Fraksi NasDem, dan Muhaimin Iskandar Fraksi PKB.

Nama-nama tersebut kemudian disetujui oleh seluruh anggota DPR RI yang hadir. Para anggota DPR RI juga bertepuk tangan sebagai ungkapan persetujuan.

Setelah itu, mereka dilantik dan dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali.

Setelah pengucapan sumpah dan janji jabatan, kemudian dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan yang ditandatangani oleh Ketua MA, pimpinan DPR RI yang baru mengucapkan sumpah janji, serta saksi dari rohaniwan.

Baca juga: Selama Menjabat 5 Tahun, DPR Sahkan 91 RUU

Setelah itu dilakukan penyerahan pimpinan sidang dari pimpinan sementara yakni anggota tertua Abdul Wahab Dalimunthe (Fraksi Partai Demokrat) dan Hillarry Brigitta Lasut (Fraksi Partai Nasdem) kepada Ketua DPR RI terpilih Puan Maharani serta empat Wakil Ketua DPR RI.

Penyerahan pimpinan tersebut ditandai dengan penyerahan palu sidang dan penyerahan buku memori kerja. Setelah itu, dilakukan foto bersama pimpinan DPR RI terpilih yang baru dilantik.

Setelah itu, Puan Maharani menyampaikan pidato pertama sebagai ketua DPR RI periode 2019-2024. Puan adalah perempuan pertama yang menduduki jabatan Ketua DPR. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*