Sumber: Presstv

Kairo,LiputanIslam.com—Para menteri luar negeri yang tergabung dalam Liga Arab telah mengecam keputusan Presiden AS, Donald Trump, yang mengubah sikap Washington terhadap pemukiman ilegal Israel di wilayah-wilayah kependudukan.

Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Kairo pada Senin (25/11) kemarin, mereka menyebut berubahnya kebijakan Amerika akan sangat merugikan.

Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa perubahan itu tidak akan memiliki dampak hukum dan telah melanggar resolusi PBB.

Pada 18 November lalu, Menlu AS, Mike Pompeo, mengumumkan sikap baru Amerika terkait pemukiman ilegal Israel. Pompeo menyebut pendudukan Israel di Tepi Barat tidak bisa disebut sebagai tindakan ilegal.

Pompeo mengklaim, kependudukan Israel tidak bertentangan dengan hukum internasional.

Baca: Amerika Mulai Legalkan Pendudukan Ilegal Israel di Tepi Barat

Perubahan kebijakan Amerika dimulai sejak Donald Trump menjabat sebagai presiden. Awalnya Trump mengakui Yerussalem sebagai ibu kota baru untuk Israel, menggantikan Tel Aviv.

Kecaman terhadap langkah keliru AS juga disampaikan oleh Uni Eropa, Rusia, Cina dan anggota DK PBB. Langkah ini nantinya akan mempersulit proses perdamaian antara Israel-Palestina yang telah berlangsung bertahun-tahun. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*