Brussels, LiputanIslam.com—Sejumlah politisi oposisi Belgia pada Selasa (16/7) menuntut penjelasan dari pemerintah Belgia setelah tersebarnya laporan tentang senjata nuklir AS yang disimpan di negara mereka.

Laporan tersebut yang ditujukan kepada komite pertahanan dan keamanan majelis parlemen NATO yang berhasil dilihat oleh media AFP menjelaskan perincian enam pangkalan udara di Eropa dan Turki sebagai tempat penyimpanan 150 senjata nuklir AS, khususnya bom gravitasi B-61.

Laporan itu muncul di tengah kekhawatiran tentang perseteruan senjata nuklir yang baru di wilayah Eropa, di saat perjanjian Perang Dingin antara Moskow dan Washington sedang berada di ambang kehancuran.

Anggota parlemen hijau, Samuel Cogolati, menyebut laporan itu telah membuka “rahasia” bahwa senjata nuklir AS ditempatkan di pangkalan udara Kleine-Brogel di Belgia utara.

“Kami menuntut penjelasan yang sepenuhnya transparan, kita harus menghentikan kebohongan ini dan mengakhiri hipokritas ini,” tegasanya, seperti dilansir AFP.

Menurut salah satu bagian dari laporan itu, total “sekitar 150 senjata nuklir” disimpan di Kleine-Brogel, Buechel di Jerman, Aviano dan Ghedi-Torre di Italia, Volkel di Belanda dan Incirlik di Turki.

Laporan dengan judul “Era Baru untuk Pencegahan Nuklir? Modernisasi, Pengendalian Senjata, dan Pasukan Nuklir Sekutu” ditulis pada bulan April lalu, kemudian diamandemen pada pekan lalu untuk menghapus detil informasi tentang pangkalan udara. Informasi tersebut tampaknya berasal dari sebuah makalah tahunan tentang senjata nuklir AS di dalam Buletin Ilmuwan Atom.

Amerika Serikat adalah salah satu dari tiga kekuatan atom di NATO, bersama dengan Inggris dan Prancis. Aliansi ini secara rutin menolak untuk membahas isu senjata nuklir. Bahkan, seorang pejabat menolak laporan ini dengan alasan “bukan dokumen NATO yang resmi”.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Belgia, Didier Reynders, juga menolak menanggapi laporan kontroversial ini. (ra/presstv)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*