Sumber: mediaindonesia.com

Jakarta, LiputanIslam.com—  Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, Bappenas, Leonardo Adypurnama Alias Teguh Sambodo mengatakan, sektor ekonomi digital mampu mendongkrak pertumbuhan lapangan kerja baru hingga 9 persen. Angka tersebut lebih banyak dari rata-rata angka pertumbuhan nasional.

“Menciptakan lapangan pekerjaan lebih tinggi mencapai 9 persen sedangkan rata rata di indonesia sekitar 1,2 persen, jadi sangat jauh pertumbuhan lapangan kerja di sektor ini,” ujar Teguh di Jakarta, Kamis (15/8).

Baca: Bappenas: Industri Digital Berpotensi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Tidak hanya menciptakan lapangan pekerjaan, ekonomi digital memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia.  Tegus menyebutkan, sektor teknologi informasi dan komunikasi berhasil menggerakan pertumbuhan ekonomi.

“Ini juga terlihat bagaimana trennya dari struktur ekonomi kita pertumbuhan ekonomi 5 persen yang sekarang ada juga digerakan oleh sektor teknologi informasi dan komunikasi,” ucapnya.

Dia menuturkan, untuk menentukan arah kebijakan ekonomi digital ke depan, pihaknya akan melakukan penghimpunan data ekonomi digital pada tahun depan. Saat ini, pemerintah masih melakukan pengelompokkan jenis usaha masing-masing ekonomi digital.

Jika pengelompokkan tersebut selesai, pemerintah bisa mengumpulkan data dari pelaku usaha ekonomi digital. Data tersebut bisa dijadikan dasar pemerintah melakukan proyeksi atas kontribusi ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Data yang kuat dan lengkap memungkinkan proyeksi ekonomi digital yang lebih akurat ke depan. Pemerintah tentu harus melakukan kebijakan berdasarkan bukti-bukti yang kuat,” tuturnya. (sh/cnnindonesia/liputan6)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*