cinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina berencana untuk menghancurkan 6 juta kendaraan bermotor tahun ini, dalam upayanya mengurangi polusi udara. Kendaraan-kendaraan itu dianggap tidak memenuhi standar gas buang. Dari jumlah itu, lebih dari 300.000 kendaraan akan dihancurkan di ibukota Beijing.

Data terbaru badan pengendalian lingkungan Cina menemukan bahwa sekitar 31% polusi udara di Beijing berasal dari gas buang kendaraan bermotor.

Tahun depan pemerintah Cina berencana untuk menghancurkan hingga 5 juta kendaraan bermotor dari provinsi-provinsi lain.

Rencana ini ditujuan untuk meningkatkan kontrol pemerintah atas emisi gas buang kendaraan sebagai bagian dari program besar penghematan energi, pengurangan emisi dan karbon dalam 2 tahun ke depan.

Memerangi pencemaran kini menjadi program utama Cina setelah beberapa dekade pembangunan yang telah menghancurkan lingkungan dengan rusaknya kualitas udara, tanah dan air.

Tentang bagaimana program penghancuran kendaraan itu dilakukan, belum ada rencana detilnya. Namun pemerintah ibukota Beijing telah menawarkan subsidi kepada para pemilik mobil tua untuk diserahkan kepada pemerintah dan dibesi tuakan.

Selain pengurangan jumlah kendaraan, para ahli menyarankan pemerintah untuk meningkatkan kualitas bahan bakar.

Setelah bertahun-tahun berusaha menyembunyikan masalah lingkungan, pemerintah Cina tahun ini mengakui bahwa masalah lingkungan kini menjadi perhatian serius.

Salah satu bentuk kesadaran itu adalah diumumkannya kualitas udara kota-kota besar di Cina, serta ditetapkannya rencana pembangunan 5 tahun senilai $275 miliar untuk menanggulangi dampak lingkungan.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL