bambang widjojanto-KPK

Bambang Widjajanto, Wakil Ketua KPK

Jakarta, LiputanIslam.com–Komisi Pemberantarasan Korupsi (KPK) berencana membuka cabang KPK di wilayah Sumatera. Hal ini bertujuan untuk lebih memasifkan pemberantasan korupsi ke seluruh penjuru Indonesia.

“Tahun depan kami akan coba untuk memikirkan pembentukan cabang. Mungkin di Sumatera, salah satu provinsi di Sumatera,” ujar Wakil Ketua KPK, Bambang Widjajanto, Minggu (14/12/2014), seperti dilansir Detikcom.

Pembentukan cabang ini didasarkan kepada undang-undang yang memang membolehkan KPK untuk  membentuk cabang di provinsi-provinsi di daerah-daerah yang diperlukan. Alasan pembentukan cabang adalah untuk efisiensi waktu dan fungsi kontrol yang lebih dekat, terutama untuk tindak pencegahan.

“Baru satu rencananya, sementara‎, dan itu konsentrasinya lebih kepada pencegahan. Kita lagi membangun sistem. Memang perlu dibentuk cabang khusus untuk mendorong‎ peningkatan pengembangan kualitas pelayanan publik. Makanya kita mau coba dulu. Jadi ini uji coba dulu, kalau oke kita targetkan dalam sepuluh tahun ke depan mungkin ada 5 cabang,” tutur Bambang.

Bambang menuturkan, pemilihan Sumatera sebagai cabang pertama KPK adalah semata-mata karena dekat dengan Jakarta.

“Kalau kami bentuk di Jawa, nanti ada anggapan ‘kenapa Jawa melulu?’. Makanya kami mau uji coba dahulu,” ujar Bambang. (fa/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL