Sumber: laduni.id

Batam, LiputanIslam.com– Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama (Kemenag), H Muhammad Agus Salim mengatakan bahwa sikap moderat umat Islam di Indonesia tengah mendapat perhatian banyak negara, khususnya oleh negara-negara di Timur Tengah. Keharmonisan masyarakat Indonesia jadi panutan dunia.

Hal itu disampaikan Salim pada pembukaan Dialog Keagamaan dan Kebangsaan di Hotel Nagoya Plasa Batam, Kepulauan Riau (Kepri), pada Rabu (17/7) malam.

“Indonesia sebagai panutan negara berpenduduk mayoritas Muslim bahkan terbesar di dunia, namun mampu menjalin kehidupan harmonis dalam masyarakat yang pluralistik dengan keragaman suku, agama, ras, dan golongan,” katanya.

Salim mengaku bahwa Presiden Afghanistan Ashraf Ghani sangat mengagumi masyarakat Indonesia yang bisa hidup dengan harmonis, sehingga membuatnya banyak belajar dari Indonesia dalam menjaga keutuhan bangsa dan negaranya. “Kehidupan keagamaan dan kebangsaan yang terdapat di tengah masyarakat selayaknya menjadi tolak ukur dalam merajut keragaman,” ucapnya.

Baca: Pada NU Online, KH Said Aqil: Terus Sampaikan Islam Moderat

Ia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk terus menjaga persatuan dan bersama-sama memerangi hoaks. “Kementerian Agama sepatutnya bisa menjadi garda terdepan dalam menyebarkan Islam wasathiyah, khususnya dalam menangkal hoaks dan fitnah yang kian mewabah dan digitalisasi arus informasi yang semakin canggih,” tandasnya. (aw/NU/laduni).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*