LiputanIslam.com-Pada hari Rabu lalu, Kabupaten Jembrana Bali diguncang gempa dua kali, pagi dan sore hari. pertama, pukul 08.29 WITA, Kabupaten Jembrana Bali diguncang gempa tektonik 4.6 SR dan tidak berpotensi tsunami. Gempa kedua terjadi pada sore hari pukul 17.53 WIB dengan berkekuatan magnitudo 4.1 SR.

Dari hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi pertama tersebut episenternya terletak pada koordinat 8,98 LS dan 114,17 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 km barat daya Jembrana dan kedalaman 71 km. Sedangkan gempa kedua berpusat di laut dengan kedalaman 66 kilometer. Gempa ini tepat berada di 57 kilometer barat daya Jembrana, Bali.

Baca juga: Sorong Diguncang Gempa 2.8 SR

Gempa bumi tersebut diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault),” kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan.

Guncangan gempa bumi Jembrana dilaporkan dirasakan di daerah Kuta dengan skala IV MMI, dirasakan di wilayah Denpasar, Banyuwangi dan Jember dengan skala III MMI serta di wilayah Gianyar, Tabanan dan Lombok Utara skala II MMI.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh berita yang tidak bertanggung jawab. (Ay/Antara/Tribunnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*