Sumber: tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Harga bahan pangan mulai merangkak naik dua pekan menjelang Ramadan, terutama harga daging ayam dan telur. Saat ini harga daging ayam di DKI Jakarta mencapai Rp 45.000 per ekor dan harga telur Rp 26.000 per kilogram (kg).

Idealnya harga daging ayam per ekor dalam kondisi normal berada di sekitar Rp 30.000 – Rp 33.000 per ekor. Namun, berdasarkan info pangan Jakarta, Rabu (24/4), saat ini harga rata-rata daging ayam di DKI Jakarta mencapai Rp 35.250 per ekor dan harga tertinggi Rp 45.000 per ekor di Pasar Pos Pengumben.

Sementara itu, harga telur ayam di Ibu Kota sebelumnya berada di kisaran Rp 22.000 per kg. Tetapi, saat ini rata-rata harga telur sudah  tembus Rp 24.138 per kg dan yang tertinggi mencapai Rp 26.000 per kg di Pasar Pondok Labu.

Selain itu, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional Kota Pangkalpinang juga meroket. Harga daging ayam potong sebelumnya dijual sebesar Rp 30 ribu per kg naik menjadi dikisaran Rp 40 ribu hingga Rp 48 ribu per kg.

Iwan, salah satu pedagang ayam di Pasar Kemangi Pangkalpinang mengatakan, kenaikan harga daging ayam potong sudah berlangsung sejak sepekan lalu.

“Mahal ayam, biasanya Rp 30 ribu , sekarang Rp 40 ribu per kilo,” kata dia.

Sementara itu, menurut Rasyid, pedagang lainnya di Pangkalpinang, menuturkan, melonjaknya harga daging ayam potong ini telah terjadi sejak dua pekan terakhir dan akan terus naik hingga awal Ramadan nanti.

“Harga ayam hari ini masih Rp 40 ribu per kilo hingga Rp 45 ribu per kilo. Kemungkinan akan tetap bertahan diharga tersebut, hingga awal puasa nanti,” ujarnya.  (sh/kontan/kumparan)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*