Sumber: fraksipkb.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Politisi sekaligus Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid (Cak Jazil) terus mendorong disahkannya Rancangan Undang-Undang Pesantren (RUU) menjadi Undang-Undang (UU) oleh DPR pada Agustus mendatang. Menurutnya, RUU Pesantren merupakan upaya agar pesantren mendapatkan keadilan yang setara dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.

Demikian hal itu disampaikan Cak Jazil pada acara Seminar yang mengangkat tema “Telaah Kritis RUU Pesantren” di Jakarta, pada Sabtu (20/7).

“Secara historis maupun secara kualitas pendidikan, pesantren bahkan lebih unggul dari lembaga pendidikan lainnya. Tapi secara keadilan paling terbelakang dalam setiap pembicaraan,” ujarnya.

Pesantren menurutnya memiliki kontribusi besar bagi bangsa sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Pesantren menjadi tempat tumbuh kembangnya nasionalisme yang menggelorakan perjuangan melawan penjajahan. Oleh karena itu, saat ini dibutuhkan penguatan regulasi agar kedepan pesantren semakin maju.

“Maka dengan RUU Pesantren sebagai start bagi lulusan pesantren untuk memiliki kesempatan yang sama dalam membangun bangsa ini. Semangat RUU Pesantren tidak sama sekali mengintervensi independensi pesantren. Tapi justru menempatkan pesantren di tempat mulia dalam upaya pemerataan keadilan,” ucapnya.

Baca: PWNU Jatim: Pesantren Benteng Penangkal Radikalisme

“Artinya, perlu dukungan anggaran yang besar dari negara sebagai bentuk keadilan seperti yang diberikan kepada lembaga pendidikan formal selama ini,” tambah Cak Jazil. (aw/republika/radarbangsa).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*