Menlu Argentina Jorge Marcelo Faurie sambut MBS di bandara Buenos Aires, 28/11/2018. (Photo by AFP)

Buenos Aires, LIputanIslam.com—Jaksa Argentina telah setuju untuk mengusut kasus kejahatan Pangeran Saudi Mohammed bin Salman atas permintaan dari Human Rights Watch (HRW).

HRW belum lama ini secara resmi meminta otoritas peradilan Argentina untuk menangkap dan mengadili MBS atas kejahatannya dalam perang di Yaman dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Saat ini, sang pangeran telah tiba Argentina  untuk menghadiri KTT G20.

Direktur HRW khusus Timteng, Sarah Leah Whitson, mengumumkan lewat cuitan Twitter pada hari Rabu (28/11/18) kemarin bahwa seorang jaksa Argentina setuju untuk mengusut kasus ini. Jaksa tersebut juga telah meminta hakim untuk menanyakan informasi dari pihak Yemen dan pemerintah Saudi terkait kejahatan MBS.

Whitson menambahkan, sang jaksa telah bertanya ke Kementerian Luar Negeri Argentina apakah status diplomatik MBS memungkinkan proses hukum ini.

Arab Saudi dan sekutu regionalnya telah lama melancarkan agresi militer terhadap Yaman sejak Maret 2015. MBS, yang menjabat sebagai menteri pertahanan, diketahui merancang agresi yang menumbangkan ribuan nyawa ini.

Whitson menilai, poses hukum MBS di Argentina ini setidaknya dapat menggagalkan usahanya untuk memperbaiki citra buruknya pasca pembunuhan Jamal Khashoggi.

“Kecurigaan akan membayangi dirinya di saat dia mencoba untuk membangun kembali reputasinya yang hancur di G20, dan para pemimpin dunia akan berpikir dua kali sebelum berfoto bersama seseorang yang sedang berada di bawah penyelidikan atas kejahatan perang dan penyiksaannya,” paparnya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*