Sumber: detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Fachrul Razi menjadi khatib pada salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (1/11). Dalam khotbahnya, Menag menyampaikan pentingnya sikap toleransi, menghormati perbedaan, dan menjaga persatuan.

“Para jemaah sekalian yang mulia, Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda,” katanya.

Sembari mengutip ayat Al-Quran surah al Hujurat, Menag mengatakan bahwa Allah SWT sebenarnya sangat mudah jika ingin membuat seluruh manusia di muka bumi ini menjadi hanya satu kelompok atau satu bangsa. Namun Allah menjadikan manusia berbeda-beda agar manusia itu saling mengenal satu sama lain.

“Pertanyaannya adalah kenapa Tuhan menciptakan bangsa dan manusia yang berbeda-beda, jawaban utama di ayat ini adalah supaya saling mengenal satu sama lain. Dengan saling mengenal itu kita dapat belajar dengan baik dari satu dari dengan yang lain,” terangnya.

Baca: Terkait Kasus Novel, Polri Sebut Temukan Hal yang Signifikan

Menurutnya, di tengah berbagai perbedaan itu, Allah menghendaki manusia untuk bersatu, bukan bercerai berai. “Dalam situasi seperti ini jelas kita sudah berbeda-beda Tuhan ingin kita bersatu. Ini letaknya ibadah, inilah letaknya toleransi, di sini letaknya kemudian tentang kasih sayang, hubungan silaturahmi antara satu dan yang lainnya,” tambahnya. (aw/detik/cnn).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*