Drone PUNA Sriti (foto: Detikcom)

Drone PUNA Sriti (foto: Detikcom)

Jakarta, LiputanIslam.com–Ilmuwan Indonesia ternyata sudah mampu membuat pesawat tanpa awak alias drone.  Setidaknya, ada delapan jenis prototipe drone yang dibuat oleh berbagai lembaga riset di Indonesia, antara lain Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan Universitas Surya.

Pesawat-pesawat ini berfungsi antara lain sebagai pesawat pengintai, pemotretan udara pada area yang sangat luas, pengukuran karakteristik atmosfer, dan pemantauan kebocoran listrik pada kabel listrik tegangan tinggi. Pesawat-pesawat ini cocok digunakan di daerah perbatasan.

Baru-baru ini, TNI AD bekerja sama dengan Universitas Surya yang dikomandani Profesor Johanes Surya juga memamerkan prototipe pesawat drone untuk kebutuhan militer.

Lapan juga memiliki jumlah koleksi pesawat tanpa awak sebanyak 3 unit. Bahkan Lapan sanggup membuat drone yang per unit hanya Rp 40 juta.

Sementara itu, BPPT juga telah mengembangkan drone, namun mesinnya masih buatan Jerman dan kameranya didatangkan dari Taiwan. Pada bulan Oktober 2012 lalu, BPPT menguji coba 5 pesawat prototipenya  di Bandara Halim Perdanakusuma. Pesawat-pesawat drone BPPT ini dinamai PUNA alias Pesawat Udara Nirawak. Biaya pembuatan 1 pesawat prototipe ini kira-kira Rp 2 miliar.

Salah satu prototipe buatan BPPT diberi nama PUNA Sriti. Pesawat berwarna putih ini adalah wahana udara nirawak jarak dekat dengan konfigurasi desain playing wing menggunakan catapult (pelontar) sebagai sarana take off dan jaring sebagai sarana landing.

Sriti berguna untuk surveillance karena bisa take off dengan peluncuran dan landing di jaring, maka bisa dipakai untuk melengkapi Angkatan Laut pada peralatan di KRI. Sriti ini bisa melihat ke depan sejauh 60-75 km. Jadi bisa dikatakan sebagai ‘mata’ Kapal Republik Indonesia. Sriti juga bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan pengamanan lokal area seperti bandara dan untuk tindakan SAR di gunung-gunung.(dw/detikcom)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL