Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON), bekerjasama dengan perusahaan Prancis PT Matiere Bridge Building Indonesia untuk memulai produksi perdana ekspor jembatan girder baja. Girder baja ini akan diekspor ke Filipina pada Mei mendatang.

“Kerjasama ini Matiere sudah dapat 20 km di Filipina (proyek pembangunan jembatan). Tapi (dengan Wikon) baru diselesaikan untuk tahap pertama 400 box sampai Juli nanti,” kata Direktur Utama Wikon Koko Cahyo Kuncoro di Pabrik Wikon, Balaraja, Tangerang, Rabu (24/4).

Cahyo menyampaikan, nilai ekspor tersebut mencapai Rp 12 miliar dan akan dilakukan pertama kali pada Mei 2019.

“Nilainya untuk 400 box ini Rp 12 miliar. Nah, mulai shipping kita 15 Mei nanti dan sampai Juli. Sekarang sudah mulai produksi,” ujarnya.

Terkait hal ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku sangat mengapresiasi kerjasama antara PT WIKON dan Matiere.

“Saya sangat bangga, dan karena itu saya mengucapkan selamat kepada PT WIKON dan Matiere,” ucap Basuki, Kamis (25/4).

Dia menjelaskan, 90 persen produksi jembatan girder baja menggunakan material lokal. Sementara sisa 10 persen masih impor, terutama komponen yang hak patennya dimiliki oleh Matiere.

Selain itu, girder baja juga menggunakan teknologi milik Matiere dengan nama Unibridge. Kelebihan Unibridge bisa dipasang lebih cepat dibandingkan dengan instalasi jembatan yang biasanya mengunakan sambungan las maupun baut konvensional.

Dia menambahkan, teknologi Unibridge ini juga dibutuhkan untuk proyek-proyek dalam negeri, lantaran pembangunan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah bersamaan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kehadiran teknologi Unibridge sejalan dengan kebijakan pembangunan infrastrutur yang lebih cepat, lebih efisien, lebih murah dan berkualitas. Teknologi ini telah digunakan untuk pembangunan Flyover Lamong di Jawa Timur,” tambahnya. (sh/liputan6/detik)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*