Sumber: Kompas

Jakarta, LiputanIslam.com — Setelah Imam Nahrawi mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kini Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri sebagai Plt Menpora.

“Ini tadi Presiden menanda tangani Keppres Pemberhentian Imam Nahrawi sebagai Menpora dan mengangkat saudara Hanif Dhakiri menjadi plt Menpora,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat (20/9).

Menurut Pratikno, terdapat beberapa pertimbangan dalam pemilihan Hanif sebagai plt Menpora. Salah satu pertimbangan itu karena alasan politik, yakni Hanif berasal dari partai politik yang sama dengan Imam, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hanif pun mengaku tidak ada hal yang istimewa dengan penunjukan tersebut. Sebab sebelumnya saat Imam Nahrawi menjalankan ibadah haji, dirinya juga sempat menjadi Plt.

Sementara, Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai penunjukan Hanif sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menpora merupakan langkah Presiden untuk menyenangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: KPK Pastikan Tak Ada Motif Politik Terkait Imam Nahrawi

“Menurut saya mungkin Presiden ingin menyenangkan PKB supaya jabatan ini tidak kemana-mana,” ujar Hendri saat dihubungi, Jumat.

Hendri menilai keputusan Presiden untuk memberikan posisi rangkap jabatan kepada Hanif merupakan langkah yang kurang tepat. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*