Bloger Arab Saudi, Mohammed Saud (kanan) bersama putra Perdana Menteri Israel, Yair Netanyahu. Sumber: memo

Tel Aviv,LiputanIslam.com—Para jurnalis dan blogger dari negara-negara Arab Teluk, termasuk Irak, menghadiri serangkaian pertemuan dan acara di Israel. Mereka sengaja diundang oleh Kementerian Luar Negeri Israel.

Namun, menurut pantauan Memo, para anggota jurnalis yang datang ke Israel tidak berhasil diidentifikasi, termasuk lama waktu kunjungan mereka tidak dipublikasikan.

Melalui akun twitternya, Kemenlu Israel menyebut para jurnalis datang dari berbagai negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan negara penjajah Israel. Kementerian itu mengklaim, kunjungan ini digelar agar para jurnalis tersebut bisa mengenal keragaman sosial di Israel dengan sudut pandang yang berbeda.

Kementerian Israel turut mempublikasikan foto-foto anggota jurnalis yang hadir, namun foto itu tidak menunjukkan potret wajah yang bisa diidentifikasi.

Para jurnalis yang datang ke Israel dikabarkan berasal dari Maroko, Lebanon, Irak, Yaman, dan Suriah. Mereka mengunjungi monumen Holokous Yad Vashem Yerussalem, gedung parlemen, dan Masjid Al-Aqsa.

Baca: Israel Mengaku Mendapat Serangan Lima Roket dari Jalur Gaza

Otoritas Palestina mengecam kunjungan ini dan meminta media-media Arab untuk mengaplikasikan boikot terhadap Israel.

Kunjungan para jurnalis Arab ini terjadinya usai berkembangnya isu kedekatan antara negara-negara Arab dengan Israel.

Pada Maret lalu, Arab Saudi bersama dengan sekutu-sekutu regionalnya, termasuk Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir, menolak pernyataan Persatuan Parlemen Arab yang ingin mengakhiri normalisasi hubungan dengan Israel. (fd/Memo)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*