Medan, LiputanIslam.com–Mantan pelajar dan mahasiswa Suriah asal Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami) hari ini dijadwalkan menyelenggarakan Silaturrahim Nasional ke-6 dan Halaqah Ulama Suriah di Medan, Sumatera Utara. Acara ini menghadirkan Dr. Syarif Sawwaf, Rektor Universitas Kaftaru, Damaskus, serta beberapa ulama Suriah lainnya. Dalam rangkaian acara ini, Alsyami juga mengundang Ustadz Abdul Somad untuk bertabayun mengenai kondisi Suriah yang sesungguhnya.

Sekjen Alsyami, M Najih Arromadloni mengatakan, Silatnas Alsyami ini digelar setiap dua tahun, dan tahun ini adalah yang keenam, setelah Silatnas yang digelar di Yogya tahun 2016 yang lalu. Sedangkan Halaqah Ulama Suriah adalah rangkaian acara yang secara rutin diselenggarakan bersamaan dengan Silatnas.

“Silatnas Alsyami dan Halaqah Ulama Suriah adalah silaturrahim mereka yang akan membahas moderasi Islam, dalam rangka turut berkontribusi dalam menciptakan harmoni peradaban dan perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah,” kata Najih, Rabu (7/3).

Sementara itu menurut keterangan ketua Panitia Silatnas dan Halaqah Ulama Suriah, Dr KH Akhyar Nasution, acara ini juga akan menjadi forum tukar pengalaman antara pemerintah dan tokoh agama Indonesia dengan ulama Suriah, khususnya terkait penyelesaian dan rekonsiliasi sosial-keagamaan pasca krisis yang melanda Suriah selama delapan tahun, serta terorisme dan geopolitik Timur Tengah.

Dalam undangan Alsyami kepada Ustadz Abdul Somad, disebutkan, “Memperhatikan pernyataan Anda yang beredar di media sosial terkait kehidupan beragama dan bernegara di Suriah, kami menemukan ada banyak poin yang tidak sesuai dengan fakta yang kami ketahui dari guru-guru (masayikh) dan kawan-kawan kami di Suriah yang menjadi sebagai saksi mata, menjalani setiap detik kehidupan di sana, dan merasakan atmosfer, serta membaca sejarahnya.” (ra/pencintaulama.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*