Sumber: liputan6.com

Palangka Raya, LiputanIslam.com— Harga bawang putih terus mengalami peningkatan sejak awal Ramadhan 2019. Di Pasar tradisional Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, harga bawang putih mencapai Rp 70 ribu per kilogram (kg).

“Harga bawang putih mulai naik sejak awal Ramadhan lalu dan kini mencapai Rp70 ribu per kilogram. Sementara untuk bawang merah harga per kilogram saat ini bisa mencapai Rp40 ribu,” kata salah seorang pedagang, Nor Zahradi Pasar Kahayan, Palangka Raya.

Dia menambahkan, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas cabai dan daging ayam. Untuk cabai, saat ini harganya sudah tembus Rp 65 ribu per kg.

“Untuk ayam potong berkisar antara Rp 40.000-Rp 45.000,” ujarnya.

Menurut Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, kenaikan harga komoditas pangan ini merupakan fenomena tahunan yang terjadi saat Ramadhan hingga usai Idul Fitri.

“Kenaikan itu terjadi karena adanya permintaan yang tinggi. Apalagi, pasokan sejumlah kebutuhan bahan pokok di kota kita masih tergantung dari luar seperti Jawa,” ucapnya.

Dia mengaku, pihaknya terus berkordinasi pihak terkait lain agar harga kebutuhan pokok terkendali.

“serta memastikan pasokan bahan pangan selama Ramadhan hingga Lebaran tercukupi,” tuturnya.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan mulai hari Jumat (10/5) telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk komoditas bawang putih. Untuk pasar tradisional, HET bawang putih ditetapkan sebesar Rp 32 ribu per kilogram (kg). Sedangkan di toko ritel modern, bawang putih dipatok maksimal Rp 35 ribu per kg.

Meski demikian, kebijakan HET bawang putih tidak dituangkan dalam bentuk Peraturan Menteri Perdagangan atau regulasi tertulis lainnya. Kebijakan tersebut,  diputuskan dalam rapat Kementerian Perdagangan yang digelar pada 6-7 Mei. (sh/antaranews/republika)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*