Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Peternak mengeluhkan harga jual ayam ras yang anjlok di bawah biaya produksi yang dikeluarkan. Rendahnya harga jual ayam ras ini membuat peternak di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta gulung tikar.

Saat ini harga jual ayam ras di angka Rp 8 ribu sampai 9 ribu per kilogram (kg). Sementara harga pokok produksi (HPP) sebesar Rp 18.500 per kg.

Baca: Harga Daging Sapi dan Ayam Mulai Naik

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar Indonesia) Jawa Tengah, Parjuni mengatakan, anjloknya harga ayam ras sudah terjadi sejak bulan April dan sangat merugikan para peternak.

“Kerugian peternak sudah tidak terhitung lagi, jadi wajar kalau mereka banyak yang memilih menutup usaha,” kata Parjuni, Senin (24/6).

Menyikapi hal ini, Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) akan membagikan 5.000 ekor ayam gratis kepada masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk protes peternak yang merugi akibat anjloknya harga ayam.

“Betul (Apayo membagikan ayam gratis-red). Sebagai protes peternak dengan keadaan ini,” kata Ketua Apayo, Hari Wibowo.

Wibowo mengatakan, pembagian ayam gratis kepada masyarakat akan dilakukan pada 26 Juni 2019 di empat titik, yakni Balai Kota Yogyakarta, Kridosono, parkiran depan Taman Pintar dan Alun-alun Utara.

“Ya, daripada dijual murah dan masyarakat tidak bisa menikmatinya, mending dibagi gratis saja. Saya ingin menggugah masyarakat kalau peternak itu merugi,” tuturnya. (sh/kompas/liputan6)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*