foto ilustrasi

foto ilustrasi

Gresik, LiputanIslam.com — Di sektor pertanian, pemerintah mendatang diharapkan mampu melakukan pembenahan di semua bidang, termasuk pada tenaga penyuluh pertanian karena memiliki peran yang strategis dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Koordinator Pelatihan Anak Tani Remaja (PATRA), Imam Soejono, menyatakan bahwa peran tenaga penyuluh pertanian sangat strategis dalam membimbing dan mengarahkan petani untuk menjadikan petani cerdas dan maju yang bisa bertanam secara tepat, menghasilkan tanaman berkualitas dan meningkatkan produktivitas.

“Karena itu, masalah tenaga penyuluh pertanian ini seharusnya juga menjadi perhatian pemerintah kalau mau membenahi sektor pertanian,” katany Imam, di Gresik, Minggu, 31 Agustus 2014, seperti dilansir Beritasatu.

Selain itu, jumlah penyuluh pertanian saat ini di Indonesia sangat minim. Bahkan Satu orang tenaga penyuluh pertanian sekarang harus meliputi 4 desa atau bahkan lebih. Akibatnya, mereka tidak berperan dengan optimal.

Bandingkan dengan kondisi Indonesia saat mencapai swasembada beras pada 1984 lalu. “Dulu satu desa satu tenaga penyuluh, jadi peran penyuluh pertanian juga maksimal dan itu bisa dirasakan dengan kita bisa swasembada beras,” ujar Imam yang juga mantan tenaga penyuluh ini.

Menurut Imam, pemerintah daerah cenderung tidak peduli dengan keberadaan para penyuluh pertanian yang tidak langsung menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) sehingga anggaran operasional mereka juga dipangkas atau bahkan ditiadakan.

“Padahal kalau petaninya pinter, produktivitas tinggi dan sejahtera akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerahnya dan menghasilkan PAD. Tapi, sedikit sekali Pemda yang berpikir seperti itu,” ungkapnya.

Saat ini, jumlah tenaga penyuluh yang hanya 27.500 orang memang tak sebanding jumlah desa yang mencapai 80.000 desa.

Ketua Komisi Penyuluh Pertanian, Sumardjo, menyatakan, jika ingin mencapai target ketahanan pangan, maka kemandirian dan kedaulatan pangan harus terkendali. Jadi, kata dia, peran penyuluh harus dioptimalkan agar mereka bisa fokus bekerja. (ph)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL