Sumber: today.line.me

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengajak semua kalangan  untuk meneladani para tokoh bangsa. Para pendiri bangsa, mereka adalah negarawan. Mereka memiliki gagasan visioner tentang kebangsaan dan menampilkan penghayatan gagasan luhurnya dalam keseharian, serta senantiasa menjadi teladan.

Demikian hal itu disampaikan Haedar pada Press Conference Pembuatan Film “Jejak Langkah 2 Ulama” karya LSBO PP Muhammadiyah dan Pesantren Tebuireng Jombang, seperti dilansir suaramuhammadiyah.id Yogyakarta pada Rabu (24/7).

“Kita perlu jadikan film ini sebagai mau’idhah, proyeksi dari simbolisasi kehadiran dua tokoh bangsa bagi generasi pasca dua tokoh ini,” katanya.

Dua tokoh ulama yang diangkat dalam film tersebut ialah KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asyari. Kedua tokoh ini menampilkan wajah Islam moderat, tasamuh, damai, serta membawa pada kemajuan. “Islam wasatiyah ini akarnya pada dua tokoh ini sehingga Muhammadiyah dan NU menjadi mainstream dari Islam Indonesia. Dua tokoh ini melintas batas menjadi tokoh umat dan tokoh bangsa,” ungkapnya.

Baca: Haedar Nashir: Negara Gaduh Karena Politik Identitas

“Kelebihan tokoh lama itu terletak pada sikap zuhud, wara’ serta kuat sikap spiritualnya, tetapi juga cerdas dan jernih. Ini menjadi value,” tambah Haedar. (aw/SM/antara).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*