Sumber: nu.or.id

Kota Pekalongan, LiputanIslam.com– Kiai kharismatik asal Yogyakarta, KH Ahmad Muwaffiq (Gus Muwaffiq) mengatakan bahwa sekarang ini kita sedang hidup di zaman percepatan dan perubahan yang sangat luar biasa. Percepatan itu sebagai efek kemajuan teknologi yang tentunya sangat berbeda dengan zaman nenek atau orang tua kita dulu.

“Zaman yang kita alami saat ini mengalami percepatan yang sangat luar biasa. Percepatannya sangat berbeda dengan zaman nenek kita, termasuk percepatan di bidang teknologi,” ucapnya pada Pengajian Milenial di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, seperti dilansir NU Online pada Sabtu (30/11).

Gus Muwaffiq menjelaskan, di zaman nenek moyang kita dulu, dari jalan kaki ke roda membutuhkan waktu hingga ribuan tahun. Kemudian dari roda ke mesin, dari mesin ke kehidupan sekarang mengalami percepatan tidak lebih dari 20 tahun.

Dulu segala kebutuhan manusia seperti senter, musik, koran, radio, video, dan lain-lainnya harus beli satu persatu untuk memenuhi hajat hidup. Tapi sekarang semua hal itu tidak diperlukan lagi. Karena saat ini semua kebutuhan tersebut sudah dipenuhi dalam satu alat bernama telepon pintar (smartphone).

“Inilah yang namanya milenial, dunia yang disatukan oleh satu sistem yang namanya smartphone. Semua ada di sini,” ucapnya.

Baca: Habib Luthfi: Mari Teladani Para Pejuang Bangsa

“Sejak awal Rasulullah sudah dicetak menjadi rasul masa depan. Rasul yang tidak suka kekerasan, karena gelombang dunia baru adalah gelombang yang penuh kasih sayang di mana di dalamnya terdapat berjuta perbedaan,” jelasnya. (aw/radarpekalongan/NU).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*