LiputanIslam.com-Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor mengatakan bahwa daerah Kalsel sangat strategis untuk menjadi ibu kota yang baru karena posisinya di tengah-tengah Indonesia. Menurutnya hal tersebut adalah berkah yang luar biasa seperti kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

“Pada saat bertemu presiden, saya sampaikan, bila Kalsel dipilih sebagai ibu kota, seperti kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Kemudian Pak Presiden bertanya, kok begitu, salah satunya karena posisi Kalsel ada di tengah-tengah,” katanya.

Selain itu, posisi tengah–tengah itu juga bagus, karena mau ke arah mana saja, sudah lebih dekat, baik ke samping kiri, kanan, belakang atau atas, akan lebih dekat, katanya.

Baca juga: Menteri PPN, Pemindahan Ibu Kota Tanpa Utang

Terkait persiapan, tambah dia, juga telah disampaikan Kalsel telah menyiapkan dua lokasi dengan lahan seluas 3.500 hektare, untuk pembangunan lokasi baru ibu kota negara.

“Sudah kami sampaikan dua lokasi tersebut ke pemerintah pusat, tinggal menunggu hasilnya,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  menyiapkan konsep Kalsel sebagai ibu kota negara  terhebat di dunia dengan potensi sumber daya alam mulai dari maritim, pegunungan, rawa dan daratan.

Menurutnya Kalsel memiliki kawasan hutan lindung yang cukup besar dan berkelanjutan, cagar alam yang cukup luas, laut yang membentang dari Tanah Laut hingga Kotabaru yang kini belum tergarap maksimal, serta Pegunungan Meratus.

Seluruh potensi tersebut, akan mampu memenuhi kriteria ibu kota yang ramah,indah, hijau dan berkelanjutan. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*