alqaedaParis, LiputanIslam.com — Dr. Usama Hasan kepada AFP mengungkapkan fenomena besarnya gairah jihad ke Suriah yang timbul di Inggris, dan menjelaskan beberapa faktor yang membuat kaum muslim yang masih muda ingin berjihad.

Meningkatnya jumlah jihadis yang bertarung di Suriah yang berasal dari Inggris , Perancis dan Belgia, menimbulkan ketakutan tersendiri bagi negara-negara tersebut. Alasannya, jika jihadis telah kembali lagi ke negaranya, bisa saja mereka akan menjadi ancaman keamanan.

Banyaknya jihadis dari Eropa yang tewas di Suriah tidak menyurutkan niat kaum muda Inggris  untuk berperang di Suriah. Selama tiga tahun konflik, dinyatakan bahwa angka jihadis yang menuju Suriah semakin membesar.

Menteri Dalam Negeri Perancis Manuel Valls baru-baru ini mengatakan, ada 250 warga negaranya berperang di Suriah dan setidaknya 21 orang telah tewas. Yang tewas tersebut termasuk dua orang pemuda berkulit putih yang masuk Islam (muallaf).

Valls pada hari minggu berkata: “Fenomena (gairah jihad)  ini membuat saya khawatir, bagi saya, ini adalah bahaya terbesar yang harus kita hadapi pada tahun-tahun mendatang.”

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Belgia Didier Reynders mengatakan bahwa lebih dari 20 warganya telah tewas di dalam pertempuran di Suriah. Dari Belgia, sekitar 200 orang tengah bertempur di Suriah. Sedangkan menurut intelijen Jerman, lebih dari 270 orang warga  Jerman telah berangkat ke Suriah dan setidaknya 15 tewas.

Dr.Usama Hasan,  peneliti senior di Quilliam Foundation, sebuah  lembaga kontra-ekstremisme, mengatakan bahwa perkiraan jumlah jihadis Inggris yang menuju Suriah berkisar dari angka 200- 1200 jihadis. Hasan mengungkapkan, tujuan dari jihadis ke Suriah adalah untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad. Jihadis Eropa ini disambut dengan tangan terbuka oleh kelompok-kelompok militan radikal seperti al-Nusra dan ISIS/ISIL. Pemerintah Inggris sangat khawatir jika jihadis ini akan memprektekkan keahliannya berjihad di tanah airnya kelak. (LiputanIslam.com/ Quilliam/AF)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL