Gaza, LiputanIslam.com—Sebuah foto demonstran Palestina menjadi viral di internet, di mana netizen menyandingkan foto itu dengan lukisan revolusi Prancis terkenal ‘Liberty Leading the People’.

Foto tersebut memperlihatkan seorang pria berusia 20 tahun bernama A’ed Abu Amro yang tengah melemparkan ketapel di tangan kirinya dan membawa bendera Palestina di tangan kanannya.

Di belakang tubuhnya yang berotot, terlihat hembusan asap hitam hasil pembakaran ban.

Foto tersebut diambil di Gaza utara pada 22 Oktober oleh jurnalis Mustafa Hassouna yang bekerja di Agensi Anadolu Turki.

Ketika dikontak oleh Al Jazeera, Amro mengatakan bahwa dia berdemonstrasi dengan teman-temannya setiap Senin dan Jumat. Ia mengaku terkejut bahwa foto itu menjadi viral dan bahwa dia tidak menyadari ada fotografer di dekatnya saat kejadian.

Amro mengatakan kepada Al Jazeera bahwa meski tujuan aksi demonya itu bukan agar difoto, momen viral fotonya telah mendorongnya untuk terus berdemonstraasi.

Ia mengaku, bendera yang ia pegang di foto itu adalah bendera yang selalu ia bawa di setiap aksi protes.

“Jika saya terbunuh, saya ingin dibungkus dengan bendera yang sama. Kami menuntut hak kembali, dan kami berdemo untuk martabat kami dan martabat generasi masa depan kami,” tegasnya.  

Warga Palestina telah menggelar aksi protes di dekat perbatasan Gaza selama beberapa bulan terakhir. Mereka menuntut hak kembali ke tanah milik mereka dan menuntut pengakhiran blokade Israel di Gaza. Selama rangkaian aksi, terdapat lebih dari 200 warga Palestina yang terbunuh. (ra/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*