LiputanIslam.com–Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie berharap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru Firli Bahuri merealisasikan janjinya membentuk perwakilan lembaga antirasuah hingga ke provinsi, kabupaten, dan kota.

“Saat masih calon pimpinan KPK, Firli menjanjikan hal itu. Komentar saya, kita tunggu saja implementasinya lebih lanjut, yang terpenting niat dan tujuannya adalah untuk kebaikan masa depan negara dan bangsa kita,” kata Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Sabtu (14/9).

Menurutnya, wilayah Indonesia sangat luas. KPK di daerah tersebut bisa bekerja sama dengan BPK.

Sementara, Pengamat Politik Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Tanjungpinang, Zamzami A Karim menyarankan agar Firli pun mengutamakan pencegahan korupsi di samping upaya penindakan seperti yang selama ini dilakukan.

Baca juga: Lima Pimpinan Baru KPK Terpilih Hingga Komentar ICW

Menurut dia, salah satu hal untuk menilai keberhasilan KPK bukan dilihat dari banyaknya pelaku korupsi yang ditangkap melainkan semakin tingginya persepsi masyarakat tentang pemberantasan korupsi. “Kalau masyarakat semakin anti terhadap korupsi, itu sudah menjadi suatu prestasi,” ungkapnya.

Dengan adanya pimpinan baru, ia berharap ke depan pencegahan dan pendidikan anti korupsi di Indonesia semakin diperluas. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*