foto: beritakan.com

foto: beritakan.com

Jakarta, LiputanIslam.com–Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Kementerian ESDM Faisal Basri, seolah menyerah dalam melawan PT Pertamina Trading Limited (Petral). Faisal menyatakan, sulit memindahkan Petral dari Singapura ke Indonesia. Sebab, tak ada dukungan memadai untuk anak usaha Pertamina itu beroperasi di dalam negeri.

Dia mengungkapkan, saat ini, Petral membeli minyak sekitar 500 barel per hari. Untuk itu, membutuhkan pendanaan besar.

“Kalau 1 barelnya USD 100, jadi butuh USD 50 juta. Nggak ada satu bank pun di Indonesia yang bisa nutup alokasi Letter of Credit-nya,” kata Faisal di Jakarta, Kamis (4/12).

Menurutnya, konsolidasi bank pelat merah menjadi jalan terbaik untuk memenuhi pembiayaan Petral. Selain itu, pelayanan kepelabuhan di Indonesia belum sepenuhnya seharian nonstop. Di sana shipping-nya 24 jam, pelayanannya, jadi nanti kalau di Indonesia shipment-nya lama,” tegasnya, seperti diberitakan Merdeka.com.

Faisal berdalih, tugas timnya bukan menangkap mafia migas.

“Tugas kami bukan menangkap mafia, tapi menciptakan iklim usaha supaya semua orang bisa partisipasi dengan aturan baru, nah aturan baru itu rekomendasi kami,” terangnya.

Sebelumnya, Faisal mengatakan, rantai perdagangan impor minyak diganggu jaringan mafia yang berkolaborasi dengan PT Petral. Faisal mengaku menerima banyak laporan dari orang dalam di Pertamina dan Petral. “Ada calonya, mereka dapat fee US$ 80 ribu untuk setiap transaksi pengapalan minyak impor,” kata Faisal, seperti dikutip Tempo (2/12).

Faisal juga mempertanyakan aktivitas bisnis Petral yang berlokasi di Singapura. Faisal mengatakan akibat aktivitas bisnis itu, pajak besar dari perdagangan impor minyak ke Indonesia justru dinikmati Singapura. Fakta ini, menurut dia, ironis karena Indonesia saat ini merupakan pengimpor bensin Premium, Pertamax, dan solar terbesar di dunia.

“Buat apa (ada Petral), kalau hanya beri untung sedikit ke negara,” ujarnya. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL