Tehran,LiputanIslam.com—Penyitaan tanker minyak oleh Korps Pengawal Pasukan Revolusi Islam (IRGC) kembali terjadi di Teluk Persia. Seorang komandan IRGC, Ramezan Zirahi, menyampaikan pada Minggu (4/8), bahwa kapal patroli IRGC telah menyita sebuah kapal di Teluk Persia.

Menurut Zirahi, kapal ini diduga sedang menyelundupkan minyak ke beberapa negara Arab.

“Sebuah kapal tak dikenal telah menerima bahan bakar dari beberapa kapal dan bahan bakar itu telah dikirim ke beberapa negara Arab di Teluk Persia,” ucapnya tanpa menyebutkan nama negara-negara yang dimaksud. “700.000 liter bahan bakar telah diamankan, beserta tujuh orang awaknya yang berasal dari berbagai negara telah ditahan,” tambah Zirahi.

Ia mengaku penyitaan ini telah mendapatkan persetujuan hukum.

Baca: Konflik Perbatasan India-Pakistan Kembali Memanas

Penyitaan tanker oleh Iran telah terjadi beberapa kali. Pada 14 Juli lalu, IRGC telah menyita sebuah tanker berbendera Panama yang diduga telah menyelundupkan satu juta liter minyak Iran di Teluk Persia.

Beberapa hari setelahnya, tepatnya pada 19 Juli, IRGC kembali menyita tanker milik Inggris “Stena Impero” saat melintasi Selat Hormuz. Tanker Inggris ini diduga telah melanggar peraturan kelautan internasional. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*