foto: tempo

foto penangkapan terduga teroris di Poso

Bima, LiputanIslam.com — Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror berhasil menangkap enam orang yang terkait dengan jaringan Santoso, di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu, 20 September 2014.

“Mereka adalah DPO Poso jaringan Santoso,” kata Kapolda NTB Brigjen Pol Sriyono.

Saat ini tim Densus 88 bersama anggota Polda NTB masih melakukan pemeriksaan terhadap enam terduga teroris yang ditangkap di Bima. Polisi juga masih mendalami apakah enam terduga teroris tersebut terkait dengan sejumlah aksi penembakan tiga anggota polisi di Bima beberapa bulan terakhir.

“Masih kami dalami, apakah terkait dengan kasus penembakan atau tidak,” kata Sriyono.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penangkapan terduga teroris dilakukan di lokasi terpisah. Empat orang ditangkap di Kecamatan Soromandi, diantaranya GW dan CL di Desa punti, JW di Desa Kananta dan SH di Dusun Sarita Desa Punti. Sedangkan, ND ditangkap Dompu.

Jaringan teroris Santoso yang dikenal sebagai kelompok Mujahidin Indonesia Timur, beberapa hari yang lalu juga membunuh seorang petani malang asal Poso, yang dituduh menjadi mata-mata Densus 88. (baca: Terkait Pria Poso yang Digorok, MIT Rilis Pernyataan Resmi)

Berbagai aksi teror yang terjadi di Indonesia, dan aparat seolah tak mampu mengatasi, menimbulkan keresahan dan tanda tanya di masyarakat. Dari pantauan Liputan Islam, netizen justru menduga ada keterkaitan antara aparat dengan para teroris. (baca: Standar Ganda AS dan Indonesia)

“Siapa sih yang nggak tau kekuatan TNI/ POLRI? Tapi cuma sekelompok Santoso yang hanya 20 orang saja kok nggak bisa dibasmi. Kalau mau TNI/POLRI persenjatai kami, biar kami yang amankan Poso tanpa anarkis kepada yang lain, gerilya lawan dengan gerilya. Kenapa TNI/POLRI nggak bisa berantas, asal tahu aja,  kelompok Santoso adalah bentukan TNI / POLRI, ya Anda kembangkan sendiri siapa yang diuntungkan” tulis Arya Ramadhan Tahadju. (ph)

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL