Diambil dari seword.com

LiputanIslam.com – Pada Rabu (14/5) kemarin, Detasemen Khusus (Densus) 88 berhasil menangkap 9 terduga pelaku teror di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 7 diantaranya pernah berangkat ke Suriah.

Dari 9 terduga teroris tersebut, 8 teroris di antaranya ditangkap di Jawa Tengah dan 1 teroris di antaranya ditangkap di Jawa Timur.

“Densus 88 melakukan tindakan preventif strike terhadap 9 terduga pelaku terorisme kemarin,” ungkap Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, di Kantor Polri, Rabu (15/5).

Baca: Densus 88 Polisi Berhasil Lumpuhkan 4 Terduga Teroris di Jatiluhur

Dedi melanjutkan bahwa 7 teroris di antaranya pernah ke Suriah sehingga memiliki kemampuan militansi yang lebih dibandingkan dengan teroris lain.

Identitas dari 9 teroris yang tertangkap tersebut adalah sebagai berikut:

1. AH alias Memet, 26 tahun. Diduga pernah ke Suriah untuk bergabung bersama ISIS pada Januari 2015. Ditangkap di Karan Rayun, Grobogan, Jawa Tengah.

2. A alias David, 24 tahun. Diduga pernah ke Suriah. Ditangkap di Kertusuro Sukoharjo, Jawa Tengah.

3. IH alias Iskandar, 27 tahun. Pernah berangkat ke Suriah pada Oktober 2014 dan kembali ke Indonesia pada Agustus 2017. Ditangkap di Gemolong Sragen, Jawa Tengah.

4. AU alias AI, 25 tahun. Diduga pernah ke Suriah menjadi bagian logistik ISIS. Ditangkap di Dukuh Kauman, Kudus.

5. JM alias Jundi atau Dian, 26 tahun. Ditangkap di Desa Sowan Kidul, Jepara.

6. AM alias Farel, 26 tahun. Ditangkap di Gemolong Sragen, Jawa Tengah. Diduga pernah ke Suriah namun dideportasi di Turki.

7. AS alias Tatang. Ditangkap di Semarang. Diduga pernah ke Suriah pada 2013 dan menjadi anggota dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

8. PT alias Dharma, 45 tahun. Ditangkap di Apotek Semarang dan menjadi anggota JAD.

9. JD. Ditangkap di Jawa Timur dan merupakan koordinator kelompok JAD di Pulau Jawa. (Ay/Tempo/Detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*