Gaza, LiputanIslam.com—Seorang warga Palestina tewas ditembak tentara Israel dan 120 lainnya terluka dalam aksi demo pada Jumat (3/8/18) kemarin di Jalur Gaza.

Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa korban bernama Ahmed Yaghi (25) meninggal setelah ditembak oleh tentara Israel di dekat gerbang yang membatasi kawasan pendudukan dan Kota Gaza bagian timur.

Sebanyak 50 demontran Palestina yang terluka telah dibawa ke rumah sakit terdekat, sementara sisanya dirawat di tempat kejadian. Menurut laporan, kebanyakan korban terlluka akibat tembakan peluru hidup tentara Israel.

Pihak militer Israel juga mengkonfirmasikan bahwa terdapat 8.000 orang yang melakukan aksi ini di lima titik di sepanjang gerbang perbatasan.

Ketegangan di perbatasan dimulai sejak 30 Maret lalu, lewat sebuah rangkaian demonstrasi damai bernama “The Great March of Return.” Aksi ini digelar oleh warga Palestina untuk menuntut hak untuk kembali ke tanah milik mereka.

Namun, demonstrasi ini selalu berakhir dengan kericuhan, yang puncaknya pada 14 Mei lalu yang bertepatan dengan peringatan 70 tahun Hari Nakba.

Sejak demo 30 Maret, tentara Israel telah menewaskan setidaknya 157 warga Palestina, melukai hampir 15.000, di mana 360 diantaranya dalam kondisi kritis. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*