ebola nigeriaAbuja, LiputanIslam.com — Pemerintah Nigeria memerintahkan penutupan semua sekolah hingga 13 Oktober mendatang sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus ebola.

Tahun ajaran baru seharusnya mulai berjalan hari Senin (25/8). Namun menteri pendidikan telah memerintahkan semua sekolah untuk memberi kesempatan semua staff sekolah mendapat pelatihan penanganan murid yang terduga tertular virus mematikan itu. Demikiana laporan BBC News.

Lima orang dinyatakan meninggal di Nigeria karena virus ebola, yang mewabah sejak Februari lalu di negara-negara Afrika barat, Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Lebih dari 1.400 orang telah tewas akibat wabah virus ini.

Ini adalah wabah ebola terbesar yang pernah terjadi sejak virus ebola ditemukan tahun 1976 di Congo, dan saat ini telah menginfeksi sekitar 2.615 people. Virus ini menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita dan tidak menular melalui udara.

Dengan tingkat kematian mencapai 90% dan menjadi salah satu virus paling mematikan, sampai saat ini belum ada satu obatpun yang dinyatakan ampuh untuk membunuh virus ebola. Namun sebuah obat baru yang dibuat konsorsium industri farmasi AS, ZMapp diketahui telah menunjukkan tanda-tanda positif mengatasi virus ebola.

Virus ebola menyebar ke Nigeria, negara paling padat di Afrika, pada bulan Juli setelah seseorang yang terjangkit virus terbang dari Liberia ke Lagos, Nigeria.

“Semua pejabat kepala otoritas pendidikan di provinsi harus segera mengorganisir dan memastikan setidaknya 2 orang staff di tiap sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta, mendapatkan pelatihan dari petugas kesehatan yang terlatih tidak lebih sampai 15 September, tentang bagaimana menangani setiap kasus dugaan penularan ebola,” kata Menteri Pendidikan Ibrahim Shekarau.

Sementara itu organisasi kesehatan dunia WHO telah menutup sementara laboratorium uji virus ebola di Kailahun di timur Sierra Leone setelah seorang pekerja Senegal terjangkit oleh virus ebola.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL