Sumber: setkab.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah. Indonesia dapat mencapai menjadi negara maju. Karena itu, pemerintah saat ini terus fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi pada Rapat Terbatas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (31/10) sore.

“Yang pertama kita memiliki sumber daya alam yang sangat besar yang bisa kita pakai untuk memicu industrialisi. Yang kedua, kita memiliki sebuah pasar besar, baik dari sisi jumlah penduduk maupun daya belinya karena masyarakat yang berpendapatan menengah sekarang ini naik sangat drastis sekali di negara kita Indonesia,” ucapnya.

Kunci utama utama dari lompatan yang ingin diraih, menurut Presiden, adalah tetap ada di sumber daya manusia, pembangunan sumber daya manusia (SDM). Apalagi bonus demografi kita saat ini antara 2015-2035, sehingga benar-benar harus menjadi fokus dan konsentrasi kita semuanya.

“Ini adalah pekerjaan besar yang harus menjadi prioritas dan dikerjakan secara sinergis antara kementerian-kementerian yang ada, tidak sektoral, tidak terkotak-kotak,” ujarnya.

Baca: Menko Polhukam: Radikalisme itu Bisa Hinggapi Siapa Saja

“Tolong betul-betul dikonsentrasikan, fokus pada urusan yang namanya ketercukupan asupan gizi, makanan tambahan, yang berkaitan dengan pola hidup sehat, yang berkaitan dengan pencegahan penyakit,” tandas Presiden. (aw/setkab/tempo).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*