Sumber: liputan6.com

Malang, LiputanIslam.com— Bulog menyebut stok beras nasional saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan beras hingga tahun depan.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, saat ini pasokan beras di gudang bulog mencapai 2,3 juta ton. Stok tersebut aman sampai musim panen nanti pada Maret dan April tahun depan.

“Ini merupakan stok paling tinggi dan akan cukup sampai musim panen berikutnya dan masa panen sendiri sekitar Maret dan April,” kata Tri di Malang, Jawa Timur, Jumat (4/10).

Baca: Stok Melimpah, Mentan: Tak Perlu Lagi Impor Beras

Dia mengingatkan, pada akhir tahun nanti, akan ada lonjakan harga karena adanya peningkatan kebutuhan beras pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, beberapa daerah masih belum memasuki musim panen pada awal tahun depan. Untuk itu, Bulog akan menggelar operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga beras.

Dalam hal ini, Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Galuh Octania berharap pemerintah bisa mengantisipasi fenomena lonjakan harga beras yang kerap terjadi pada akhir tahun.

“Apalagi beberapa bulan belakangan harga beras terus naik. Pergerakan harga sebagai parameter ketersediaan beras di pasar perlu terus dipantau untuk menjaga daya beli masyarakat,” kata dia, Minggu (6/10).

Dia menyampaikan, Bulog harus terus melakukan antisipasi untuk menjaga ketersediaan beras. Selain itu, Bulog juga harus memastikan serapan beras bisa sesuai dengan target.

“Bulog juga perlu berinovasi agar proses serapan berasnya bisa berjalan lancar dan memenuhi target,” terangnya. (sh/indopos/tempo)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*