Sumber: Solopos

LiputanIslam.com—Badan Pemenangan Nasional (BPN) berencana akan melaporkan kembali lima dugaan kecurangan pemilu 2019 ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Jumat siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Yang akan menyerahkan lima laporan dugaan kecurangan tersebut adalah Direktorat Advokasi dan Hukum BPN sendiri.

“Ada lima laporan yang telah disiapkan oleh Badan Pemenangan Nasional khususnya dari Direktorat Advokasi dan Hukum yang akan disampaikan kepada Bawaslu,” ucap juru bicara BPN, Ferry Juliantono, di media center Prabowo-Sandi Jalan Kertanegara Jakarta Selatan, Kamis (9/5).

Ferry pun menambahkan bahwa BPN telah menyusun bukti fisik dan video yang akan diserahkan kepada Bawaslu. Ia berharap Bawaslu segera memprosesnya sampai selesai.

“Baik buruknya wajah demokrasi di Indonesia khususnya Pemilu ini juga banyak ditentukan nasibnya di tangan para pejabat Bawaslu,” lanjut Ferry.

Lima dugaan kecurangan tersebut adalah pertama, KPU menggiring opini untuk kepentingan paslon nomor urut 01. Kedua, aparatul sipil negara terlibat dalam memenangkan paslon nomor urut 01. Ketiga, kecurangan rekapitulasi form C1 untuk memenangkan paslon nomor urut 01. Keempat, kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif di pemilu luar negeri untuk kemenangan paslon nomor urut 01. Kelima, pengkondisian penggunaan logistik sebagai media kecurangan dalam memenangkan paslon nomor urut 01. (Ay/Kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*