LiputanIslam.com – Pada hari Rabu (2/7) pukul 06:12:40 WITA, sekitar 57 kilometer tenggara Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, diguncang gempa magnitudo 4,3.

Menurut pihak BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Gempa pada kedalaman 106 kilometer itu tidak berpotensi tsunami,” kata Staf Operasional Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Alfa.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono, gempa tersebut diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku, dan dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip fault).

Baca juga: Gempa 5,4 SR Guncang Perairan Laut Banda dan Laut Timor

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter,  gempa yang terjadi jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku,” katanya dalam rilis yang dibagikan BMKG Sulut pada grup percakapan di Manado.

Belum ada laporan mengenai dampak kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Masyarakat disuruh tenang dan tidak terpengaruh oleh kabar yang tidak bertanggung jawab. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*