Sumber: okezone.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Data, dan Informasi Kementerian Agama (Kemanag), Ali Rokhmad menepis tudingan yang menyebut bahwa Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin gagal dalam memimpin dan menjalankan birokrasi kemenag. Menurutnya, tudingan itu tidak berdasarkan data.

“Dalam lima tahun masa kepemimpinan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, reformasi birokrasi (RB) di Kementerian Agama justru menunjukkan kemajuan yang sangat baik,” ujarnya di Jakarta, pada Minggu (21/7).

Ali menjelaskan sejumlah pencapaian yang dilakukan Kemenag di bawah kepemimpinan Lukman. Misalnya dalam laporan keuangan, Kemenag tercatat sebagai instansi pertama yang menerapkan akuntansi berbasis akrual dalam sistem pelaporan keuangan pemerintah. “Ini menunjukkan Kemenag semakin transparan dan akuntabel,” ucapnya.

Hasil penilaian indeks Reformasi Birokrasi (RB) Kementerian Agama oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) juga mengalami peningkatan. Begitu juga dengan indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang semakin baik.

“Semula 54,83 atau masuk kategori CC pada 2014, naik menjadi 62,28 atau B pada 2015 dan 69,14 atau B pada 2016. Tahun 2017, naik lagi menjadi 73,27 atau kategori BB. Tahun 2018 lalu, indeks RB Kemenag naik lagi menjadi 74,02 atau BB,” terangnya.

Baca: Kemenag Siapkan Beasiswa Bagi Dosen Pendidikan Agama Islam

Sebelumnya, Dewan Syuro DPP PKB, Maman Imanulhaq mengkritik kinerja dan kondisi Kemenag. “Gagal, betul gagal. Bukan hanya soal kinerja. Bapak datang deh ke Lapangan Banteng, tidak pernah ada sebuah kementerian yang parkirnya paling jelek, kecuali Kementerian Agama. Parkirnya aja jelek, apalagi menterinya gitu,” katanya. (aw/republika/okezone).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*