Sumber: tempo.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh di kisaran 5 hingga 5,05 persen pada kuartal III 2019.

Gubernur BI Perry Warjiyo menilai, pertumbuhan ekonomi mengarah pada kisaran 5 hingga 5,1 persen. Ekonomi Indonesia pada kuartal III akan didorong oleh konsumsi dan investasi.

“Sumbernya dari  konsumsi yang cukup kuat dan investasi bangunan,” kata Perry di Jakarta, Jumat (1/11).

Baca: Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Ini Saran Ekonom

Dia menyebutkan, investasi bangunan masih menjadi pendorong yang cukup signifikan karena sejumlah proyek strategis nasional masih berlangsung. Dia menuturkan, sebenarnya investasi nonbangunan pun kini menunjukkan pertumbuhan meski belum signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku optimis ekonomi Indonesia pada kuartal III 2019 akan di atas 5 persen, atau bisa mencapai 5,05 persen.

“Kami optimis kuartal III 2019 di atas 5 persen, mungkin seperti yang disampaikan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) 5,05 persen,” ujar Sri Mulyani.

Dia berharap, konsumsi rumah tangga dan investasi bisa mencapai di atas 5 persen karena keduanya merupakan penopang utama dalam pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), 55,79 persen dari pertumbuhan ekonomi Indonesia berasal dari konsumsi. Sedangkan investasi menjadi penyumbang kedua terbesar, yaitu sebanyak 31,25 persen. (sh/cnnindonesia/republika.co.id)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*